Tahun Ini, Bank Mandiri Fokus Tambah ATM Setor Tunai

Solid Gold PT Bank Mandiri (Persero) Tbk fokus untuk menambah mesin ATM dengan fasilitas setoran tunai.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, ada penambahan sekitar 1.000 mesin ATM setor tunai di seluruh Indonesia pada tahun ini.

“Kami nanti fokus beli ATM setor tunai (CDM). Karena kami lihat sekarang nasabah juga senang setor di ATM dan enggak perlu (setor) ke cabang lagi,” kata Kartika, di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan, Rabu (19/7/2017).

Bank Mandiri, lanjut dia, tidak akan menambah mesin ATM baru yang biasa. Sebab, kini sudah ada ATM Merah Putih yang terintegrasi dengan bank Himbara (himpunan bank negara) lainnya.

“Kami tinggal relokasi untuk terintegrasi di ATM Merah Putih. Jadi kami enggak perlu beli mesin ATM baru,” kata Kartika.

Adapun peningkatan infrastruktur di bidang IT ini merupakan alokasi dari belanja modal yang sudah terealisasi 50 persen hingga Juni ini.

Pasalnya, lanjut dia, Bank Mandiri sering menghadapi permasalahan sistem online banking.

“Pembelian server baru dan sebagainya untuk meningkatkan kapasitas transaksi. Kami fokus meningkatkan server kami,” kata Kartika.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebelumnya melaporkan laba bersih pada kuartal II 2017 sebesar Rp 9,5 triliun atau tumbuh 33,7 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan laba bersih ini ditopang dari pertumbuhan kredit secara tahunan yang mencapai 11,6 persen pada akhir Juni 2017 menjadi Rp 682 triliun.

Pertumbuhan kredit tersebut merupakan faktor utama yang mendorong pertumbuhan aset sebesar 9,9 persen (yoy) menjadi Rp 1.067,4 triliun.