Ketika Lionel Messi Pensiun, Barcelona Tak Mungkin Lagi Raih Treble

Namun Barca mustahil mengulang sejarah treble seperti yang terjadi dua kali di era Si Nomor 10. Demikian yang menjadi perkiraan Pep Guardiola, mantan pelatih klub Catalan tersebut.
Bersama Lionel Messi, Barcelona meraih hasil luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Klub Catalan tercatat dua kali meraih treble, pada 2009 dan 2015. Meskipun dua treble tersebut digapai dengan dua pelatih berbeda Pep Guardiola dan Luis Enrique, tak pelak lagi yang menjadi pemeran utama adalah Messi.
Sepanjang karier di Barcelona, La Pulga mampu meraup tujuh gelar Liga Spanyol, 3 Copa del Rey, 4 Liga Champions, 3 Piala Super Eropa, dan tiga Piala Dunia Antar Klub. Mengingat usia Messi yang masih 28 tahun, masih ada tahun-tahun panjang ke depan, yang bisa dilaluinya bersama Barca dengan penuh kejayaan.
Namun, Pep Guardiola memperingatkan, betapa besarnya peranan Lionel Messi untuk Barcelona. Si Nomor 10 yang menciptakan standar permainan Barca saat ini. Oleh karenanya, kala Messi menghilang karena pensiun, maka mau tidak mau, Barcelona juga akan kehilangan masa keemasan.
Guardiola berucap kepada ESPN, Ketika Messi mundur dari dunia sepakbola, akan ada lubang besar yang bisa menenggelamkan Barcelona. Mungkin Barca tidak akan bisa memenangkan treble (tiga gelar dalam semusim seperti ini).
Apakah Barcelona akan habis begitu saja? Pep Guardiola tidak menyatakan demikian. Ia menilai, klub Catalan akan tetap kompetitif. Meskipun demikian, levelnya akan berbeda dengan level saat Messi masih bermain.
(Meski tak bisa meraup treble) Barcelona mungkin masih bisa bersaing dengan Bayern Munchen (di level Eropa) jika bisa bekerja keras (menutup kehilangan Messi).

cookiecoogan.com dewa99 Sumber: Sidomi